Traning dan Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa

Traning dan Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa

Fungsi pengadaan barang/jasa di organisasi semakin berkembang beberapa tahun terakhir, baik di lingkungan pemerintah, BUMN maupun Swasta. Hal ini terjadi karena tuntutan peningkatan kinerja organisasi yang memerlukan dukungan fungsi pengadaan yang handal. Oleh sebab itu berkembang program Pelatihan dan Sertifikasi Profesi pengadaan barang/jasa, baik sertifikasi di lingkungan pemerintah maupun sertifikasi yang bertaraf internasional. Apapun itu, tujuannya dalam rangka mempersiapkan SDM yang memadai untuk menjawab tantangan pengadaan barang/jasa yang ada sekarang dan di masa mendatang.

World Bank sebagai salah satu organisasi terkemuka di dunia juga memiliki program untuk pengembangan kompetensi khususnya di bidang pengadaan. Salah satunya adalah program sertifikasi pengadaan internasional yang dikenal dengan nama CPPP (Certificate Program in Public Procurement). Program ini dirancang bersifat keilmuan tentang pengadaan secara umum dan tidak terkait dengan regulasi pengadaan di World Bank maupun regulasi lainnya. Program pelatihannya pun sudah dibuat dalam bentuk kuliah terbuka yang tidak berbiaya (MOOC = Massive Open Online Course). Siapa pun bisa mengikuti program ini dari negara manapun. Saat ini program CPPP sudah tersedia dalam 7 bahasa.

LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah) saat ini sudah memiliki berbagai program pelatihan pengadaan dan sertifikasi pengadaan pemerintah. LKPP melihat program CPPP ini dapat diadopsi di Indonesia dan dapat digunakan untuk membantu meningkatkan literasi manajemen pengadaan secara umum. Oleh sebab itu LKPP mendukung World Bank untuk membuat CPPP versi Bahasa Indonesia, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks di Indonesia. Untuk merealisasikan CPPP versi Bahasa Indonesia ini, World Bank menunjuk ??? ?????????? untuk mempersiapkan manuscript e-Learning, membuat rancangan dan module e-Learning yang selanjutnya akan dimasukkan ke dalam platform Learning Management System CPPP di World Bank. Dengan demikian dalam waktu dekat kita akan dapat memanfaatkan layanan sertifikasi pengadaan CPPP berbahasa Indonesia.

Pada tanggal 2 Maret 2020, World Bank mengundang para pakar pengadaan barang/jasa yang tercatat sebagai fasilitator pengadaan barang/jasa pemerintah untuk memberi masukan terhadap final draft manuscript modul elearning CPPP yang sudah disiapkan oleh ??? ??????????. Acara ini dihadiri oleh 50 orang pakar dan nara sumber pengadaan barang/jasa dan diselenggarakan di kantor World Bank di BEJ Tower.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *