Fungsi pengadaan merupakan salah satu hal yang krusial pada suatu organisasi, namun seringkali tidak terlalu diperhatikan. Peran pengadaan dalam suatu organisasi tidak hanya terfokus pada bagaimana menentukan strategi yang paling tepat untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa, namun juga bagaimana memanfaatkan fungsi pengadaan untuk memberikan nilai tambah (value added) kepada organisasi sehingga pencapaian kinerja dan target bisnis dapat tercapai. Oleh karena itu, sudah sewajarnya strategi perencanaan dan pengimplementasian dalam proses pengadaan barang dan jasa harus dilaksanakan dan dikelola secara komprehensif, selaras dengan tujuan organisasi, serta efektif dan efisien berdasarkan pertimbangan dari berbagai faktor, seperti kualitas, biaya, waktu, dan risiko. Untuk melaksanakan hal tersebut, tentunya SDM yang kompeten menjadi prasyarat yang perlu mendapatkan perhatian utama di setiap organisasi.
PT Anggada Duta Wisesa atau lebih dikenal dengan nama ADW Consulting sangat menyadari bahwa unsur SDM yang kompeten akan menjadi kunci keberhasilan proses pengadaan barang dan jasa. Untuk itu, secara reguler ADW Consulting menyelenggarakan berbagai program pelatihan dan sertifikasi profesi untuk tenaga profesional bagian pengadaan barang dan jasa, salah satunya adalah program Certified Procurement Specialist (CPSp). Tujuannya adalah untuk meningkatkan peran strategis dalam upaya penguatan SDM pengadaan di Indonesia agar semakin kompeten dan berkualitas.
Program pelatihan dan sertifikasi ini menggunakan standar program International Purchasing & Supply Chain Management (SCM-ITC, Jenewa, Swiss) yang disesuaikan dengan SKKNI PBJ (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Pengadaan Barang/Jasa).
Pembahasan Materi oleh Bapak Kusnanto Nugroho (ADW Consulting)
Diadakan selama 6 hari, program pelatihan dan sertifikasi profesi Certified Procurement Specialist (CPSp) dari ADW Consulting dilaksanakan secara daring (untuk sesi pembahasan materi) dan tatap muka (untuk sesi pendampingan dan asesmen). Sesi pembahasan materi dilakukan dari tanggal 13 Februari sampai tanggal 16 Februari 2023, dengan membahas berbagai modul, seperti : Manajemen Pengadaan, Perencanaan, Pelaksanaan Pemilihan, Persiapan dan Pelaksanaan Kontrak, dan Pengelolaan Penyedia. Sementara, untuk sesi pendampingan dan asesmen, berlokasi di Hotel Santika Premiere Slipi, Jakarta, dilaksanakan pada tanggal 21 – 22 Februari 2023.